Analisis Kadar Zat Besi (Fe) dan Vitamin C pada Ekstrak Buah Kurma (Phoenix Dactylifera L.)

Authors

  • Azkiyah Siti Zamilatul Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo
  • Hayatul Rahimah Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.1065

Keywords:

Ekstrak Buah Kurma, Kadar Besi (Fe), Kadar Vitamin C

Abstract

Buah kurma merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an maupun beberapa Hadis. Salah satu ayat tentang buah kurna yakni disebutkan dalam Q.S An-Nahl ayat 11 yang artinya:”Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”Ayat tersebut merupakan petunjuk bagi manusia bahwa buah kurma memiliki manfaat bagi umat manusia. salah satunya yakni ekstrak buah kurma sebagai antioksidan. Dengan demikina, dilakukanlah penelitian ini dengan metode penelitian eksperimental untuk mengetahui kadar besi dan vitamin C pada ekstrak buah kurma.Prosedur penelitian ini yakni ekstraksi dengan preparasi berupa pembuatan simplisia buah kurma dengan metode ekstraksi maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Selanjutnya dilakukan pemisahan menggunakan rotary evaporator dengan suhu 50oC dan memaksimalkan ekstrak kental menggunakan oven dengan suhu 50oC dan penyimpanan dalam desikator.Uji skrining fitokimia menggunakan uji flavonoid, uji fenolik, saponin, terpenoid, dan alkaloid. Uji kadar besi dan vitamin C dilakukan secara kuantitatif menggunakan Spektrofotometer serapan atom untuk uji kadar besi dan Spektrofotometer UV-Vis untuk uji kadar vitamin C. Hasil kadar besi (Fe) rata-rata pada ekstrak buah kurma yakni 0,1392 ppm dan hasil kadar vitamin C pada ekstrak buah kurma yakni 9,696 mg/mL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggaraini, S. 2008. Keamanan Pangan Kaitannya Dengan Penggunaan Bahan Tambahan Dan Kontaminan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Apriadji, W. H. 2018. Makan enak untuk Hidup Sehat,Bahagia, dan Awet Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka

Apriyanti, R, N, Pujiastuti, E., Rahimah, D. D. 2016. Kurma dari gurun ke Tropis. Depok: Trubus Swadaya.

Azkiyah, Siti Zamilatul. (2020). Pengaruh Pemberian Vitamin C terhadap Absorpsi Besi (Fe) pada Mencit (Mus musculus) Anemia dengan Induksi Natrium Nitrit. Jurnal Farmasi Tinctura. https:// doi.org/10.35316/tinctura.v2i2.1551

Caesaria, Devani Chntiabadi, Elida Soviana, Dyah Widowati. “Hubungan Asupan Zat Besi dan Vitamin C dengan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil di Klinik Usodo Colomadu Karanganyar.” Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015.

Departemen Kesehata RI. 2006. Pedoman Pelaksanaan Pemantauan Garam Beryodium. Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Jakarta

Lingga, L. 2012. The Healing Power of antioxidant. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Madina, D. 2007. Nilai Kapasitas Paru dan Hubungannya dengan Karakteristik Fisik pada Atlet Taekwondo di Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jawa Timur.

Materiamedica. 2018. Determinasi Tanaman Kurma. Batu : UPT Meteria Medica batu.

Nurjanah, N. 2013. Ancaman Dibalik sgearnya Buah dan Sayur. Jakarta: Niaga Swadaya.

Putra, R. I., Asterina., Isronia, L. Gambaran Zat Pewarna Merah pada Saus Cabai yang Terdapat pada Jajanan yang Dijual di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang utara. Jurnal Kesehatan Andalas 3, no.3 (2014).

Rosita. 2009. Khasiat dan Keajaiban Kurma. Bandung: Qanita.

Sacher R ; McPherson R. 2004. Tinjauan Klinis Hasil Pemeriksaan Laboratorium. Jakarta:EGC

Saifudin, a. 2014. Senyawa Alam Metabolit Sekunder Teori, Konsep, dan Teknik Pemurnian. Yogyakarta: Deepublish.

Satuhu, S. 2010. Kurma Kasiat dan Olahanya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Soemardjo, D. 2009. Vitamin dan Biomineral dalam Pengantar Kimia Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran dan Program trata I Fakultas Bioeksakta. Jakarta: EGC.

Syamsudin. 2013. Nutrasetikal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widaryanto, E., Azizah, N. 2018. Perspektif Tanaman Obat Berhasiat. Malang: UB Press.

Winarno, F. G. 2008. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Zufaldi. 2015. Kurma dalam Alqur’an. [Tesis]. Makassar: UI Alauddin Makasar.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Siti Zamilatul, A., & Rahimah, H. . (2022). Analisis Kadar Zat Besi (Fe) dan Vitamin C pada Ekstrak Buah Kurma (Phoenix Dactylifera L.). Formosa Journal of Science and Technology, 1(4), 363–374. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.1065

Issue

Section

Articles