Pengaruh Suhu dan Waktu Penyimpanan dengan Masa Simpan Sosis Ikan Gabus (Channa Striata) dan Bayam Merah (Amaranthus SP)

Authors

  • Zaura Noor Rahmawati Poltekkes Kaltim
  • Rieska Indah Mulyani Poltekkes Kaltim
  • Kurniati Dwi Utami Poltekkes Kaltim

DOI:

https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1558

Keywords:

Suhu dan Waktu Penyimpanan, Kadar Air

Abstract

Umur simpan produk sangat penting karena berkaitan dengan keamanan suatu produk pangan dan jaminan saat produk pangan sampai pada tangan konsumen, yang mana setiap industri pangan wajib mencantumkan tanggal kadaluarsa atau biasa disebut dengan expired date pada kemasan produk pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu penyimpanan dengan formulasi Sosis Ikan Gabus (Channa Striata) dan Bayam Merah (Amaranthus SP). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 2 faktor yaitu suhu penyimpanan pada suhu -180°C dan suhu 30°C serta waktu penyimpanan selama 4 hari, 8 hari, dan 12 hari. Hasil penelitian ini yaitu, tidak ada pengaruh suhu penyimpanan dan waktu penyimpanan terhadap karakteristik sosis ditandai dengan adanya perubahan tekstur sosis yang berubah menjadi lembek pada suhu 3 dan waktu penyimpan 8-12 hari. Tidak ada pengaruh suhu penyimpanan dan waktu penyimpanan terhadap pertumbuhan mikroba pada sosis hal ini dilihat dari nilai p>0,05. Kadar air pada sosis ikan gabus (Channa Striata) dan bayam merah (Amaranthus SP) diketahui memiliki pengaruh dalam masa penyimpanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. D. (2019). Hubungan Higiene Sanitasi Penjamah Makanan Dengan Jumlah Bakteri Pada Minuman Nira Aren Di Mojokerto Sebagai Sumber Belajar Biologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Iqbal, M., Supriadi, A., & Nopianti, R. (2015). Karakterisrik Fisiko-Kimia dan Sensoris Sosis Ikan Gabus dengan Kombinasi Jamur Tiram (Pleorotus sp.). Jurnal FishtecH, 4(2), 170–178.

Karnila, R., Mahardika, N., & Edison. (2017). Analisis Komposisi Kimia Daging dan Tepung Ikan Gabus (Channa Striata).

Kartika, E., Khotimah, S., & Yanti, A. H. (2014). Deteksi Bakteri Indikator Keamanan Pangan pada Sosis Daging Ayam di Pasar Flamboyan Pontianak. Protobiont, 3(2), 111–119.

Linora, T. (2018). Uji Daya Terima Dan Kandungan Zat Gizi Bolu Kukus Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus). Universitas Sumatera Utara.

Muliadi, D. (2015). Pengaruh Suhu Dan Waktu Penyimpanan Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Pada Makanan Soosis Siap Santap di Medan.

Nurilmala, M., Safithri, M., Pradita, F. T., & Pertiwi, R. M. (2020). Profil Protein Ikan Gabus (Channa striata), Toman (Channa micropeltes), Dan Betutu (Oxyeleotris marmorata) Protein Profile of Striped Snakehead (Channa striata), Giant Snakehead (Channa micropeltes), and Marble Goby (Oxyeleotris marmorata). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 23(3), 548–557.

Nurlaila, N., Sukainah, A., & Amiruddin, A. (2018). Pengembangan Produk Sosis Fungsional Berbahan Dasar Ikan Tenggiri (Scomberomorus sp.) Dan Tepung Daun Kelor (Moringa Oleifera L.). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2(2), 105–113.

Setiawan, S. F., & Mukaromah, A. H. (2017). Analisis Kadar Asam Oksalat pada Air Rebusan Bayam Merah (Amaranthus tricolor L) Awal dan yang Didiamkan pada Suhu Ruangan. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sukmawati, S., & Hardianti, F. (2018). Analisis Total Plate Count (TPC) Mikroba Pada Ikan Asin Kakap di Kota Sorong Papua Barat. Jurnal Biodjati, 3(1), 72–78.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Rahmawati, Z. N., Mulyani, R. I. ., & Utami, K. D. (2022). Pengaruh Suhu dan Waktu Penyimpanan dengan Masa Simpan Sosis Ikan Gabus (Channa Striata) dan Bayam Merah (Amaranthus SP). Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 663–672. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1558