Hubungan Perilaku dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Kualitas Tidur pada Remaja

Authors

  • Tantiana Isnaningsih STIKes Surya Global Yogyakarta
  • Firda Widya Sari STIKes Surya Global Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.877

Keywords:

Perilaku, Frekuensi Penggunaan Gadget

Abstract

Fenomena gadget di kalangan remaja sudah tidak asing lagi dan sudah ramai dibicarakan, remaja cenderung tidak memperhatikan bahkan tidak sadar dengan penggunaan gadget yang berlebihan akan menimbulkan efek samping. Dampak dari penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan efek pada Kesehatan antara lain ialah gangguan tidur yang disebabkan oleh pelepasan cahaya biru yang dianggap dapat mengganggu hormon alami seperti melatonin. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 28 oktober 2021dengan mewawancarai 10 remaja masjid Aljihad Tatanga, didapatkan bahwa 10 remaja menggunakan gadget sekitar 8 sampai 12 jam perhari, bahkan 5 dari 10 remaja tersebut mengatakan bahwa mereka menggunakan gadget hingga jam 12 malam dan bahkan sampai tertidur sehingga membuat mereka sulit untuk bangun dan mengantuk di pagi hari. Remaja tersebut mengatakan bahwa mereka menggunakan gadget di malam hari untuk mencari tugas, membuka sosial media dan bermain game. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Perilaku dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Kualitas Tidur pada Remaja Islam Masjid Aljihad di Tatanga Kelurahan Tawanjuka Kota Palu Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah mengunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Remaja Islam Masjid Aljihad Tatanga yang berjumlah 97 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang, dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling Insidental.Pengumpulan data mengunakan kuesioner, Pittsburgh Sleep Quality Indeks (PSQI) dan Smartphone Addition Scale (SAS). Analisis data menggunakan chi-square. Analisis data dengan menggunakan analisis univariate dan bivariate. Dengan uji Chi-Square diperoleh hasil 0.000 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara perilaku dengan kualitas tidur. Dan hasil 0.029 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara frekuensi penggunaan gadget dengan kualitas tidur. Ada hubungan perilaku dan frekuensi penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja Islam masjid Aljihad di Tatanga Kelurahan Tawanjuka Kota Palu Sulawesi Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Gobalisasi. 362-371.

Damayanti, R. M., & Romdzati. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal SDNdi Kecamatan Godean.

Hidayat, S., & Mustisari. (2014). Hubungan Kecanduan Penggunaan Smartphone dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa RIK UI. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Husen, M. F., Rohmah, N., & Yulia A, Z. E. (2019). Hubungan Perilaku Penggunaan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Anak Usia Remaja Mahasiswa Semester 2 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember.

Keswara, U. R., Syuhada, N., & Wahyudi, W. T. (2019). Perilaku Penggunaan Gadget dengan Kualitas Tidur Pada Remaja. Holistik Jurnal Kesehatan, Volume 13, No 3, 233-239.

Khusnal, E., & Permadi, A. (2017). Hubungan Perilaku Penggunaan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Anak Usia Remaja di SMA Negeri 1 Srandakan Bantul.

Mawitjere, O., Onibala, F., & Ismanto, Y. (2017). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Kejadian Insomnia Pada Siswa Siswi di SMA Negeri 1 Kawangkoan. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1.

Nainggolan, A. R. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2014.

Nuraini L, D. I. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Anak Remaja di SMA Negeri 2 Cimahi.

P2PTM, K. R. (2019). Sobat Sehat, Apakah Kebutuhan Tidur Anda Sudah Terpenuhi?

Pribadi, T., Utami, S., & Marliyana, M. (2019). Bullying behavior among teenagers at junior high school lampung-indonesia. Malahayati International Journal Of Nursing And Health Science, 2(1), 32-40.

Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185-194.

Saifullah, M. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pola Tidur Anak Sekolah di UPT SDN Gadingrejo II Pasuruan.

Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMP Tentang Dampak Negatif Game Online Bagi Kesehatan. Gemmassika Vol 1, No 2, 31-39.

Sharma, M. (2012). Addiction of youth towards gadgets. Human Resource Management. 42A, 6568-6572.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Isnaningsih, T., & Sari, F. W. (2022). Hubungan Perilaku dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Kualitas Tidur pada Remaja . Formosa Journal of Science and Technology, 1(4), 205–216. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.877

Issue

Section

Articles