Studi Deskriptif Teknik Permainan Kulcapi Karo

Authors

  • Riko Sembiring Universitas Sumatera Utara
  • Kumalo Tarigan Universitas Sumatera Utara
  • Perikuten Tarigan Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55927/ijads.v1i1.1101

Keywords:

Kulcapi, Teknik permainan, Perkulcapi

Abstract

Kulcapi adalah alat musik tradisional Karo yang keberadaannya masih ada hingga saat ini. Kulcapi tergolong kedalam klasifikasi cordofon karena sumber bunyi utamanya adalah senar. Kulcapi berbentuk lute yang terdiri dari dua buah senar (two-strenged fretted-necked lute). Selain dapat digunakan secara ensambel, instrumen kulcapi juga dapat dimainkan secara tunggal. Orang yang memainkan Kulcapi disebut dengan perkulcapi. Ada beberapa teknik dalam memainkan kulcapi yang akan dibahas penulis, yaitu teknik memegang, teknik memetik dan teknik penjarian pada kulcapi. Posisi dalam memainkan kulcapi juga berpengaruh umtuk kenyamanan seorang pemain kulcapi untuk bisa bermain dengan maksimal dan menghasilkan melodi yang sesuai dengan ciri khas alat musik tersebut. Teori yang digunakan penulis adalah teori etnosains. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui proses belajar kulcapi Karo dan juga untuk mengetahui teknik permainan kulcapi Karo. Metode yang dilakukan ada beberapa cara, yaitu dengan cara kerja lapangan yang terdiri dari wawancara dan observasi, kerja laboratorium, serta studi kepustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Koentjaraningrat. 1981. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:PT. Gramedia, Indonesia.

Merriam, Alan P. 1964. The Anthropology of Music. Illinois: North-Western University Press.

Nettl, Bruno, 1963. Theory and Method In Ethnomusicology, New York : The Free Press

Purba, Maruli, 2013. Teknik Permainan dan Struktur Musik Husapi Simalungun Pada Lagu Parenjak-enjak Ni Huda Sitajur yang Disajikan Oleh Arisden Purba di Huta Manik Saribu Sait Buttu, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Skripsi Sarjana S-1, Departemen Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Tarigan, Sarjani 2008. Dinamika Orang Karo, Budaya dan Modernisme, Balai Adat Karo Indonesia : Medan.

Tarigan, Sarjani 2008. Dinamika peradatan orang Karo. Balai adat Karo Indonesia : Medan.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Sembiring, R. ., Kumalo Tarigan, & Perikuten Tarigan. (2022). Studi Deskriptif Teknik Permainan Kulcapi Karo . Indonesian Journal of Art and Design Studies, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.55927/ijads.v1i1.1101

Issue

Section

Articles