Development of Learning Media for Speaking Course A1 Daily Life and Family Theme
DOI:
https://doi.org/10.55927/jiph.v3i3.11233Keywords:
Creation, Learning Media, Animation VideoAbstract
This study discusses the development of animated videos as a learning medium for A1 speaking. This study focuses on making animated videos. This study uses a descriptive qualitative method with data collection through online questionnaires and direct interviews. This study is a study that uses the 4D model. This research model consists of 4 steps, namely: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. The result of this study is an animated video with German subtitles. This video is 6:49 minutes long and in MP4 format. This video has been validated by media experts with a score of 93.75.
Downloads
References
Andrasari, a. N., haryanti, y. D., dan yanto, A. (2022). Media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster bagi guru sd.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., dan Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan terminasi dan penyambungan serat optik.
Http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Barth, v., luise, ;, achour, s. ;, haase, s. ;, helbig, k. ;, jordan, a. ;, krüger, d. ;, and thiel, f. (2020). Lebih banyak praktik mengajar dalam pelatihan guru! Portal video fokus sebagai media belajar-mengajar digital. 131. Https://doi.org/10.25656/01:21788
Cholik, M., & Umaroh, S. T. (2023). Pemanfaatan video animasi sebagai media pembelajaran di era digital. Jipi (jurnal ilmiah penelitian dan pembelajaran informatika), 8(2), 704-709. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4121
Dildora aspiekhonovna, т. (2023). Desember 2023 integratsiyalashgan ta'lim va tadqiqotlar jurnali jurnal pendidikan dan penelitian terpadu pengajaran dengan metode bahasa jerman: strategi yang efektif untuk mengajar bahasa jerman nemis tilini o'qitish: nemis tilini o'rgatishning samarali strategiyalari преподавание немецкого языка: эффективные стратегии преподавания немецкого языка. 2.
Dwi, m., smkn, r., selatan, c., dan bekasi, k. (2022). Pemanfaatan animasi plotagon untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia. 2(1).
Fatimah, J., Asri, W. K., Saleh, N., dan Negeri Makassar, U. (2021). Penggunaan media pembelajaran pop-up book.
Harjanto, A., Rustandi, A., dan Caroline, J. A. (2022). Implementasi model pengembangan 4d dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis online pada mata pelajaran pemrograman web di smk negeri 7 samarinda (vol. 5, issue 2). Https://smkn7-smr.sch.id/media/.
Jerry radita ponza, p., nyoman jampel,
i., dan komang sudarma, i. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas iv di sekolah dasar. In jurnal edutech universitas pendidikan ganesha (vol. 6, issue 1). Www.powtoon.com
Kistanova l. (2021). Tentang pertanyaan tentang kontrol dan penilaian penguasaan bahasa dalam pengajaran bahasa asing di universitas modern.
Lisnawati, e., dan anwar, m. (2022). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa jerman melalui media video halo dari berlin phonology jurnal bahasa dan sastra.
Muthmainah, n. (2021). Penggunaan plotagon story dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa jerman. Allemania: jurnal bahasa dan sastra jerman, 11(2).
Okpatrioka. (2023). Okpatrioka stkip arrahmaniyah. Jurnal pendidkan, bahasa dan budaya , 87.
Rizky amelya, s., dan pujiastuti, s. (2022). Pembuatan video animasi menggunakan aplikasi flipaclip dengan tema "tubuh dan kesehatan" untuk pembelajaran berbicara a1.
Thohir, M., Cahya Muslimah, K., Musyafa, N., Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, I., Ahmad Yani No, J., Wonosari, J., Wonocolo, K., Timur, J., Bahasa Arab, P., Universitas Islam
Negeri Sunan Ampel Surabaya, U. (2019). Aplikasi plotagon story untuk keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa arab sesuai kma 183 tahun 2019. In tadarus: jurnal pendidikan islam (vol. 10, issue 1). Https://www.plotagon.com/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Azzahra, Suci Pujiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.