Partispasi Lansia dalam Kegiatan Pemilu

Authors

  • Kurniati Ningsih Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Vera Agustina

DOI:

https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5060

Keywords:

partisipasi, lansia, pemilu

Abstract

Bagi negara Indonesia yang tengah menapaki demokrasi, pemilu (general election) merupakan ciri penting yang harus dilaksanakan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu. Idealnya, pemilu dapat menjadi lambang sekaligus salah satu tolak ukur demokrasi dikarenakan hasil pemilu menjadi cerminan partisipasi dan aspirasi masyarakat jika diselenggarakan dalam suasana keterbukaan dengan kebebasan berpendapat dan berserikat. Teori Partisipasi Politik Keith Fauls dalam bukunya, political sociology: A Critical Introduction, memberikan batasan partisipasi politik sebagai “keterlibatan secara aktif (the active engagement) dari individu atau kelompok ke dalam proses pemerintahan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif suatu metode penelitian yang digunakan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti prilaku, presepsi, motivasi, tindakan dan lain lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata kata dan bahasa. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi lansia dalam pemilu merupakan alasan peneliti memilih topik penelitian ini. Lansia perlu mendapat perhatian khusus dalam pemilu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arniti, N. K. (2020). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(2), 329-348.

Dimas, A. (2023). STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH LANSIA (Studi Pemilu Kabupaten Pringsewu 2024).

Maramis. (2018). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Wahyuni, D. (2022). Partisipasi Politik Masyarakat Pemilih Lansia di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sukoharjo.

Yolanda, C. (2022). PARTISIPASI PEMILIH LANJUT USIA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DI PROVINSI JAMBI (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Kurniati Ningsih, & Agustina, V. (2023). Partispasi Lansia dalam Kegiatan Pemilu . Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 177–184. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5060

Issue

Section

Articles