PKM Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Anak Usia Dini Bersama IGTKI Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan

Authors

  • Irma Yuliantina Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Johana Kastanja Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yunita Damayanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yunita Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Anna Maria Jacob Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Fitri Indri Yani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Fitriani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Fauzia Herli Noviampura Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Isye Syoleha Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Maulina Sucihati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Henny Chusnarin Haryanti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5542

Keywords:

Pemberlajaran berdiferensiasi, Anaka Usia Dini, Keberagaman, Pengembangan Minat Belajar

Abstract

Pedidikan anak usia dini memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak baik secara koginitif, motorik, daya kreatifitas serta terbentuknya karakter profil pelajar Pancasila. Pendekatan pembelajaran diferensiasi hadir sebagai suatu gaya pembelajaran efektif memenuhi kebutuhan individu anak secara holistik. Tujuan dari penelitian ini adalah pentingnya para guru mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada anak usia dini serta menganalisis strategi dan manfaatnya dalam membangun kesuksesan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data angket yang disebar melalui google form, observasi partisipan dan wawancara dengan guru. Hasil angket survei penelitian menunjukkan bahwa guru IGTKI Pesanggrahan Jakarta Selatan memerlukan wawasan pembelajaran atau training tentang pembelajaran berdiferensiasi, manfaat serta pelaksanaan implementasi di dalam kelas. Pada anak usia dini pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mengedepankan keberagaman dan memperhatikan perbedaan individu. Manfaat pembelajaran berdiferensiasi dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, anak memiliki kesempatan untuk belajar dalam konteks yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya, merasa tertantang sehingga meningkatkan motivasi dan keinginan belajar. Kedua, diferensiasi meningkatkan penerimaan dan rasa hormat terhadap perbedaan individu, yang membantu mengembangkan pengalaman toleransi dan rasa hormat yang positif terhadap perbedaan. Ketiga, anak-anak belajar mengembangkan keterampilan sosial yang kuat dalam menghadapi teman sebaya dari latar belakang yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda, yang pada akhirnya terbentuklah karakter profile pelajar Pancasila. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang kuat pada anak usia dini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keberhasilan anak secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahmi, Fahmi, et al. (2020), “Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi Di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1: 931–940.

Herwina, Mak Wiwin. (2021) “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi,” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2: 175–182.

Kemdikbud.go.id. (2022). Pembelajaran menurut filosofi belajar menurut Ki Hajar Dewantara. https://ditsmp.kemdikbud.go.id

Kemdikbud.go.id.(2022). Pembelajaran Berdiferensiasi.https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id

Lailiyah. (2016). Mengemukakan pembelajaran diferensiasi (Differentiated Instruction).

Wulandari, Ade Sintia. (2022). “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman,” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 3: 682–689.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Irma Yuliantina, Kastanja, J., Damayanti, Y., Yunita, Jacob, A. M., Yani, F. I., Fitriani, Noviampura, F. H., Syoleha, I., Sucihati, M., & Haryanti, H. C. (2023). PKM Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Anak Usia Dini Bersama IGTKI Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 229–238. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5542

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)