Pelayanan Kursus Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Singosari Delitua Sumatera Utara

Authors

  • Sarma Panggabean Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yohanna Tampubolon Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bintang Hana Pardede Pendidikan Bahasa Inggris,Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sarty Herawaty Sormin Pendidikan Matematika,Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Mutiara Miyagi Putri Resipa Sitanggang Pendidikan Ekonomi,Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yohanna Tampubolon Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i3.719

Keywords:

Pelayanan, Kursus, Literasi, Numerasi, Bimbel

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang bisa timbul dalam kegiatan belajar antara lain tidak ada motivasi belajar, tidak mampu berkonsentrasi dalam belajar, nilai hasil belajar rendah, tidak bisa mengatur waktu belajar, tidak siap menghadapi ujian/ulangan dan sebagainya Kehadiran bimbingan belajar di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Kesulitan belajar siswa biasanya ditunjukkan oleh adanya hambatan hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajarnya, biasanya kesulitan tersebut dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis. Sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa perlu diberikan bimbingan belajar secara bertahap dan lebih intens sehingga peserta didik dapat mengatasi kesulitan belajar yang didalaminya dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar . Tujuan dari kegiatan bimbingan belajar gratis yang diadakan oleh Mahasiswa PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas HKBP Nommensen Medan di SD Singosari Delitua Sumatera Utara adalah untuk membantu siswa siswa sekolah dasar di sekolah tersebut mengatasi kesulitan belajar yang mungkin dihadapinya seperti didalam pembelajaran mengenai literasi dan numerasi. Permasalahan yang seringkali timbul dalam kegiatan belajar antara lain tidak ada motivasi belajar, tidak mampu berkonsentrasi dalam belajar, nilai hasil belajar rendah, tidak bisa mengatur waktu belajar , di dalam kelas ketika seorang guru mengajar siswa belum tentu memperhatikan dan mendengarkan apa yang sedang diuraikan oleh guru. mereka menyepelekan dan malas belajar yang sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar. Kunjungan dan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat mempengaruhi perubahan sikap dalam belajar Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Singosari Delitua Sumatera Utara terlaksana dengan baik. Di samping pengalaman yang telah diperoleh mahasiswa selama kegiatan PKM. Layanan bimbingan belajar gratis ini adalah suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan yang membawa dampak positif pada siswa SD Singosari Delitua Sumatera Utara melalui bimbingan belajar dapat membantu motivasi siswa dalam belajar serta membantu siswa mengatasi masalah kesulitan belajar Layanan bimbingan belajar gratis ini adalah suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan yang membawa dampak positif pada siswa SD Singosari Delitua, Sumatera Utara melalui bimbingan belajar dapat membantu motivasi siswa dalam belajar serta membantu siswa mengatasi masalah kesulitan belajar yang mereka alami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekowati, D. &. (2018). LiterasiNumerasiUntuk Sekolah Dasar.

Haerudin, H. (2019). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Sesiomadika, 1(1a).

Lestari, P. W. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur.

Putera, M. T. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3t (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Hulu. Ekonomi Dan Manajemen.

Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada..

Superman, P. Y. (2020). Penguatan Literasi Di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, .

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Panggabean, S. ., Tampubolon, Y. ., Pardede, B. H. ., Sormin, S. H. ., Sitanggang, M. M. P. R., & Tampubolon, Y. (2022). Pelayanan Kursus Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Singosari Delitua Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(3), 251–258. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i3.719

Issue

Section

Articles