Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Desktop Pada SMA Negeri 1 Samalantan Kabupaten Bengkayang

Authors

  • Daniel Robi Sanjaya IKIP PGRI Pontianak
  • Chandra Lesmana IKIP PGRI Pontianak
  • Henny Puspitasari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.654

Keywords:

Design, Library Information System, Desktop Based, Java Netbeans

Abstract

The purpose of this study was to find out how to design and build a library information system, determine the feasibility and user response after the desktop-based library information system was implemented at SMA Negeri 1 Samalantan, Bengkayang Regency. The research method used in this research is Research and Development. The research model used is ADDIE. The research was conducted by trial by media experts and practitioners as many as 4 people and 70 respondents, the research was conducted from May to June 2022. The results of this study are desktop applications in the form of splash display, apk initial display, login, registration, dashboard, student data, data teachers, book catalogues, borrowing, returns, reports, and developers. The design of this desktop - based library information system uses Java Netbeand software version 8.2 and Xampp version 8.1.2.

References

Anggara, A. T. (2018). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop pada SMA Negeri 2 Sumenep (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Budiarti, I. Y., Frastian, N., & Sonny, M. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMK OTOMINDO JAKARTA TIMUR BERBASIS JAVA DESKTOP. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(4), 85-91.

Cahyaningtyas, R., & Iriyani, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 4(2).

Chandra, H., Al-Farizi, M., AN, M. A., Affandi, L., & Arianto, R. IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DESKTOP DI SMA NEGERI 6 MALANG DALAM PEMINJAMAN BUKU.

Dariyanto, D. (2020). APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DESKTOP PADA SMK KARTIKATAMA 1 METRO (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Efendi, F. G. Perancangan Sistem Penjualan Pada Smoke House Bbq & Dessert Pontianak. Tugas Akhir D-III.

Fatmawati, E., & Lestari, I. (2021). Perancangan aplikasi west borneo tour destination dengan location based service sebagai media promosi wisata kabupaten kubu raya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 99-109.

Hasyidiki, M. Hasbi (2018). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Desktop Pada SMK Negeri 1Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. RUBSI AMIK BSI Pontianak.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Ibnu Sa’ad. M & Dr. Pratiwi, H. (2019). Membuat Aplikasi Menggunakan Database MySQL & Java Netbeans 8.2: Mengenal Java & Netbeans. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Mailasari, M., & Sikumbang, E. D. (2019). Metode Waterfall Dalam Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Dekstop. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 341-352.

Mulyani, S. (2017). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Abdi Sistematika.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nugroho. H., Farizqiyati. N. (2022). Sistem Informasi Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Desktop. Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol 1(1) Tahun 2022.

Panjaitan, R. Y., Suparyo, H. V., & Sunarmintyastuti, L. (2020). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop di SMP Negeri 01 Citeureup. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01).

Pratama, J. (2018). Pengembangan Sistem Perpustakaan Berbasis WEB Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pontianak.

Putri, R. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid di sma negeri 2 banda aceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Roberts, A. R., & Gilbert, J. (2009). Buku Pintar Pekerja Sosial. BPK Gunung Mulia.

Sugiyono, M. (2019). penelitian dan pengembangan Research and development. Bandung: Alfabeta.

Wilanda, M. (2020). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Kelas XI IPS SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Daniel Robi Sanjaya, Chandra Lesmana, & Henny Puspitasari. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Desktop Pada SMA Negeri 1 Samalantan Kabupaten Bengkayang. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3053–3066. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.654

Issue

Section

Articles