Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924Keywords:
Pembelajaran, Inovatif, STEAMAbstract
Tidak sedikit ahli atau orang yang merasa dirinya ahli atau orang yang dianggap ahli menyatakan bahwa pembelajaran inovasi identik dengan pembelajaran STEAM. Artikel ini membahas kesiapan perangkat pembelajaran STEAM dan perbedaan pembelajaran inovatif dengan pembelajaran STEAM. Metode penelitian mengunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang ahli atau orang yang dianngap ahli. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa video-video terkait pembelajaran dengan pendekatan STEAM masih bersifat teoritis dan belum masuk praktis sehingga diperlukan pengembangan video dan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai model pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Selain itu, pembelajaran STEAM termasuk pembelajaran inovatif dan dalam pembelajaran STEAM diperlukan refleksi dan pengetahuanyang lebih untuk mengoptimalkan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembalajaran.
References
Ambarsari, R., Darmadi, D., & Apriandi, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Visualisasi Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan SPLDV Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Prosiding Silogisme, 1(1).
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X TKJ SMKN 1 Gempol tahun pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34-39.
Aprilia, E. F. (2022). Stategi guru pendidikan anak usia dini dalam penerapan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Darmadi, D. (2015). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2)
Darmadi, D., Handoyo, B., & Pratiwi, W. D. A. (2016). Profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-40. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.25
Darmadi, D. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Penyusunan Skripsi (Studi Kasus Pada Skripsi Penelitian Kualitatif). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 103-110.
Darmadi. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika untuk Siswa Tuna Runggu di SLBN Karangrejo. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1085–1090
Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Steam Bagi Guru IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393-1401.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM project-based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.
Naili, S. (2021). Implementasi model pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2), 123-128.Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.
Nugraheni, A. D. (2019, September). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 512-518).
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 19-31.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Sahih, A. (2015). A Practice-based Model of STEAM Teaching STEAM Students on the Stage (SOS) TM. Rotterdam: Sense Publishers.
Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sari, N. P. (2020, October). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis steam di sekolah dasar. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (science, technology, engineering, mathematic and animation) berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67-73.
Yulianingsih, A., Febrian, F., & Dwinata, A. (2018). Analisa Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 199-206.
Zuryanty, M. P., Hamimah, M. P., Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM di sekolah Dasar. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Darmadi, Budiono, M. Rifai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.