Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Mandrehe

Authors

  • Fanorama Gulo Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias
  • Amin Otoni Harefa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1365

Keywords:

Hasil Belajar, Gaya Kognitif, Taksonomi Bloom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada peserta didik di SMK Negeri 1 Mandrehe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instumen yang digunakan berupa tes soal untuk mengetahui hasil belajar sesuai dengan indikator revisi taksonomi bloom. Dari hasil penelitian, hasil belajar matematika siswa berdasarkan revisi taksonomi bloom untuk setiap subjek gaya kognitif menunjukan bahwa: (1) siswa field independent: (a) Mengingat, rata-rata siswa mampu menulis pengertian dan rumus persamaan lingkaran lalu mengerjakan sampai memperoleh jawaban dengan baik dan benar, (b) Memahami, siswa mampu menjawab soal sesuai dengan rumus yang telah ada, (c) Mengaplikasi, siswa berusaha mencermati kata-kata pada soal sehingga hal tersebut dijadikan patokan untuk menentukan rumus yang digunakan, (d) Menganalisis, memiliki kelemahan dimana siswa hanya mampu menyelesaikan soal sebagian saja sesuai dengan kemampuan menganalisisnya masing-masing. (2) Siswa field dependent: (a) Mengingat, siswa mampu menjawab dengan melaksanakan penyelesaian sesuai konsep yang telah ada, (b) Memahami, siswa dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan dalam operasi perhitungan sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai, (c) Mengaplikasi, siswa memiliki kelemahan dalam mencermati soal sehingga dalam penyelesaian tidak tepat, (d) Menganalisis, siswa tidak dapat menjawab serta tidak menulis langkah-langkah penyelesaian secara berurut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson dan Krathwohl, 2015. Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Andiyana, Muhamad, Arfan, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Vol. 1. No. 3. (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/download/578/115, diakses pada 25 oktober 2021.

Mailili, H, Wahyuni. 2018. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No.1. (online), (https://jurnal.umk.ac.id./index.php/anargya/article/view/2371 ) diakses pada 25 oktober 2021.

Manullang, Sudianto, S Kristianto, Andri, Dkk.2017. Buku Matematika Kelas Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Oktaviana, Dwi dan Prihati, iwit. 2018. Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 8. No. 2. (online), (http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/view/1732, diakses pada 25 oktober 2021

Sulistiyono, P,I. 2021. Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4. No. 2. (online), (https://jurnal.ikipjember.ac.id./index.php/laplace/article/view/556 ) diakses pada 25 oktober 2021.

Suryanti, Nunuk.(2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol.4. No. 1. (online) (https://ejurnal.undiksha.ac.id./index.php/JJA/article/view/4601/3529 diakses pada 25 oktober 2021.

Wulandari, Rika. 2017. Analisis Gaya Kognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Sdn Banyuajuh I Kamal Madura, dalam jurnal pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar. Vol. 4. No. 2. (Online), (http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/2883, diakses pada 25 oktober 2021.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Gulo, F. ., Harefa, A. O. ., & Telaumbanua, Y. N. . (2022). Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Mandrehe. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 625–636. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1365