Pengembangan Skala Usaha Bumdes Tritunggal Mandiri melalui Pemanfaatan Potensi Desa Martadah Baru Kabupaten Tanah Laut

Authors

  • Semuel Risal STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Irawanto STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Misransyah STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Riky Welli Saputra STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Cici Asmawatiy STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Singgih Priono STIA Bina Banua Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i3.795

Keywords:

Scal Up BUMDes, , Potensi Desa, , Ekonomi Desa

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah lembaga usaha desa yang bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi sumberdaya yang ada di desa. Minimnya kontribusi BUMDes dalam pertumbuhan ekonomi disebabkan karena terbatasnya kualitas SDM, tata kelola BUMDes, hingga minimnya pemahaman potensi desa yang dimiliki sebagai basis usaha BUMDes. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan pengembangan kapasitas pengelolaan BUMDes yang diawali dengan melakukan riset dan pemetaan secara mendalam sehingga BUMDes dikembangkan sesuai dengan potensi lokal, memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi para stakeholder desa tentang BUMDes yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh desa, serta mengidentifikasi potensi yang dimiliki desa dan merumuskan bentuk-bentuk usaha yang dapat dilakukan melalui BUMDes serta menginventarisasi rancangan usaha (business plan) prioritas rintisan BUMDes yang berpeluang untuk ditindaklanjuti sebagai usaha BUMDes di desa Martadah Baru. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan melakukan survey, diskusi (FGD) dalam forum pertemuan desa dan perumusan rencana (kerja) usaha. Selain dapat dapat menemukan potensi usaha, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman stakeholder tentang pentingnya peran BUMDes, hasil kegiatan ini dapat mengidentifikasi bentuk usaha BUMDes yang sesuai dengan potensi unggulan desa dan merumuskan prioritas rencana bisnis BUMDes, dan merekomendasikan implementasi ditindaklanj untuk usaha ekonomi produktif yang dapat membantu pengembangan ekonomi ekonomi masyarakat desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Khoirul dkk. 2012. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dalam. Pustakaraya KTSP. Jakarta

Ginting, Perdana. (2007). Sistem Pengelolaan Lingkungan dan Limbah Industri, Cetakan Pertama. Bandung: Yrama Widya

Kurniawan, B. (2015). Desa Mandiri, Desa Membangun. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kusumadewi, L. R. (2010). Kembalinya Subyek: Sosiologi Memaknai Kembali Multikulturalisme. Jurnal Sosiologi Masyarakat, Vol.15, No, 64.

Mardikanto. 2012. Konsep-Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Cetakan 1. UNS Press. Surakarta.

Miles, Mathew B dkk. 2014. Qualitative Data Analysis-Third Edition. London, Sage Publication Ltd. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah., Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Jakarta

Maryunani. (2008). Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mubyarto. (1997). Ekonomi Rakyat, Program IDT dan Demokrasi Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media.

Nurmeisarah, T., Sudirtha, I.G. & Angendari M.D. (2015). Tinjauan Tentang Tenun Tradisional Dusun Sade Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Journal of Pendidkan Kesejahteraan Keluarga.

Soemantri, Bambang Trisantoso. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Fokusmedia. Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Risal, S., Irawanto, Misransyah, Saputra, R. W. ., Asmawatiy, C. ., & Priono, S. (2022). Pengembangan Skala Usaha Bumdes Tritunggal Mandiri melalui Pemanfaatan Potensi Desa Martadah Baru Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(3), 269–282. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i3.795

Issue

Section

Articles