Pengenalan Gambar Arsitektur dan Pelatihan Aplikasi Sketchup untuk Siswa SMA/K di Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i3.965Keywords:
Gambar Arsitektural, , Aplikasi Sketchup, , RenderingAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pengenalan gambar yang diperlukan dalam Arsitektur dan pelatihan Aplikasi komputer untuk menggambarnya, yang bernama Sketchup, bagi para siswa SMA/K. Pengenalan dan pelatihan ini sebagai persiapan mereka sebelum memasuki masa perkuliahan di jurusan Arsitektur. Pelatihan dilakanakan pada 25 April – 28 April 2022 dilakukan secara daring selama 4 pertemuan, dengan durasi 3 jam setiap pertemuannya. Materi yang diberikan dimulai dari pemahaman tentang denah, potongan, isometri, persepektif dan lainnya. Kemudian, bagaimana cara menggambarnya termasuk renderingnya. Pengenalan dan pelatihan ini diikuti 27 peserta. Dengan melakukan pre-test dan post-test, didapatkan hasil yang memuaskan. Peserta merasa terbantu banyak, yang belum pernah menggunakan aplikasi tersebut, jadi mulai bisa dan yang sudah bisa menjadi lebih cepat dalam membuat sebuah gambar.
Downloads
References
Chimg, Francis D.K (1996). Ilustrasi Desain Interior. Erlangga
Hendarto, Tecky (2014). Dasar-Dasar menggambar Arsitektur. Griya Kreasi
Iskandar, Isma (2010). Menggambar Desain Inteior. Kiblat buku utama
Manulang, Rio (2013). Buku pintar mendesain rumah dengan google sketchup. Elex Media komputindo
Prasetyo, Dimas (2021). Desain 3D Menggunakan Google Sketchup. Gramedia
Satra, Suparno (2014). Desain Rancang Bangun 3D dan Interior dengan AutoCAD. Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Danang Harito Wibowo, Andrey E. Caesar, Gerry Malik, Zenon Hasel, Yamin Hardjoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.